Kuliah Umum: Aplikasi Data Desa Presisi, Satu Data Satu Bangsa

  • home -
  • Kuliah Umum: Aplikasi Data Desa Presisi,...
research
  • 20 Feb
  • 2021

Kuliah Umum: Aplikasi Data Desa Presisi, Satu Data Satu Bangsa

Persoalan data hingga saat ini belum teratasi dengan baik di Indonesia dan menjadi problem nasional. Hal ini disampaikan oleh wakil kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institute Pertanian Bogor Dr. Sofyan Sjaf, saat membawakan kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari (20/02/2021).

Bukan hanya data dilevel nasional. Dilevel daerah bahkan diskala terkecil seperti pemerintah desa hingga ke level RW, masalah data masih menjadi isu yang belum bisa teratasi dengan  baik. Hasilnya perencanaan pembangunan yang tidak sesuai kondisi lapangan yang basisnya data yang akurat dan tepat membuat hasil perencanaan itu tidak tercapai dengan baik.

Faktanya bila kita bertanya langsung kedesa, pemerintah desa tidak bisa menjawab secara akurat terkait data desanya sendiri, baik itu luasan desa, Lanskap desa sampai jumlah KK, Ujar Sofyan Sjaf.

Mantan kepala PSP3 IPB itu juga menambahkan diera teknologi harusnya bisa kita memanfaatknnay dengan baik agar masyarakat dapat berpartisipasi dengan baik dalam memberikan informasi dan data agar kita bisa mendapatkan data yang lebih baik.

Untuk mendapatkan data itu kita harus berbasis digital. Sehingga kita bisa lebih mudah. Digitalisasi itu harusnya bisa memudahkan kita tidak sebaliknya.

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari Syamsul Anam, SE.,M.Ec.Dev menyatakan penerapan teknologi saat ini menjadi keharusan untuk mempercepat ragam kegiatan tidak terkecuali upaya menghimpun data.

Kedepan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UMK akan focus untuk menjadi sumber dan basis data untuk Usaha Mikro Kecil di Kota Kendari yang up to date, Ujarnya

Selain itu Dekan Febi UMK juga mengapresiasi wakil Ketua Lppm IPB , atas kesediaannya untuk kesekian kalinya hadir membawakan kuliah umum di depan civitas akademika FEBI UMK.

Berikutnya kita akan mengundang bapak Dr. Sofyan untuk kembali ke fakultas kita, tapi bukan lagi untuk mengisi kuliah umum, melainkan pada asistensi daripada kegiatan kita yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan kuliah umum kita selama ini, tutup dekan febi dalam kuliah umum tersebut di lt.4 Gedung E UMK.