Pengenalan Printer 3D

  • home -
  • Pengenalan Printer 3D...
research
  • 15 Nov
  • 2020

Pengenalan Printer 3D

Printer 3 Dimensi merupakan salahsatu tekhnologi mutakhir yang berkembang saat ini. Sejak tahun 2010, mulai berkembang ditengah masyarakat Indonesia walaupun masih cukup terbatas atau belum memiliki banyak kemajuan di dunia percetakan. Kini tekhnologi ini banyak digunakan oleh industry untuk mempercepat pekerjaan serta menghasilkan produk tertentu.

Saat ini, banyak industry maupun manufaktur yang bergerak dibidang arsitektur, kesehatan, pendidikan dan bidang lainnya menggunakan printer 3 dimensi untuk menghasilkan replica ataupun produk. Selain itu ditengah berkembangnya bisnis kreatif, penggunaan printer 3 dimensi semakin diminati dan banyak dimanfaatkan untuk mewujudkan ide kreatif para kreator.

Melihat prospek pemanfaatan printer 3 dimensi ini dimasa mendatang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari (FEBI UMK) mencoba memperkenalkan cara kerja serta penggunaan printer jenis ini kepada mahasiswa di Gedung E UMK (14/11/2020).

Kegiatan ini merupakan pengenalan umum printer 3 dimensi kepada mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Bisnis Digital FEBI UMK.

Shultonul Ma’rif narasumber kegiatan menjelaskan, selain pengenalan printer 3 dimensi, Juga diperkenalkan pembuatan desain di fusion 360 hingga outputnya bisa dibaca oleh printer.

Selain itu, kata Arif (sapaan Shultonul Ma’rif)  dikesempatan itu juga diperkenalkan perbedaan printer 3D yang menggunakan Resin dan Filamen.

Selain perkenalan itu kita juga mencoba membuat Rumah FlasDisk untuk melihat secara langsung bagaimana printer jenis ini berkerja, “tuturnya.

Pekan depan FEBI UMK juga akan memperkenalkan dan praktik langsung penggunaan Drone kepada Mahasiswa Bisnis Digital.