Pelatihan Penggunaan SPSS FEBI UMK

  • home -
  • Pelatihan Penggunaan SPSS FEBI UMK...
research
  • 11 Nov
  • 2019

Pelatihan Penggunaan SPSS FEBI UMK

Laboratoriumm Statistik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Muhammadiyah Kenadari (UMK) Menyelenggarakan Pelatihan untuk Pengolahan data Statistik Kelas SPSS. Kelas ini dibuka khusus untuk mahasiswa FEBI UMK yang berminat mendalami dan mempelajari pemanfaatan program SPSS yang akan di gunakan untuk pengolahan data baik itu tugas kelas maupun dalam rangka penyelesaian tugas akhir.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berharap dengan dibukanya kelas ini mahasiswa mampu mandiri dalam pengolahan data baik itu tugas ataupun skripsinya.

“kita tahu diluar sana banyak sekali yang menawarkan jasa untuk pengolahan data statistik, Secara prinsip sah sah saja bila seorang mahasiswa meminta jasa seseorang untuk diolahkan datanya. Tapi kita juga berkeinginan keahlian ini dapat dimiliki oleh mahasiswa FEBI UMK,’’ tuturnya.

Sehingga ini merupakan upaya kita membantu mereka untuk mendalami program statistik khsusunya SPSS.

Dipandu oleh mentor dari FEBI UMK Bapak Sofyan, Kelas perdana SPSS dibuka di Ruang Rapat FEBI UMK 9-10 November 2019. Pada kelas ini diikuti oleh 11 orang mahasiswa dari program studi manajemen dengan semester yang berbeda beda.

Di hari pertama peserta diberikan pengantar untuk pemahaman teori dan di hari kedua peserta langsung praktik mulai dari regresi sederhana, berganda, uji factor sampai uji beda.

Dua hari ini kami maksimalkan kelas terutama langsung dengan praktik dengan mengolah data yang telah peserta siapkan.

‘’Kami sudah meminta mereka menyiapkan data sendiri baik itu hanya untuk latihan ataupun juga merupakan data skripsi mereka,’’ tutup mentor yang juga alumni UGM itu saat dimintai keterangan.